Tips Membuat Kartu Ucapan Auto Memikat Pelanggan
Jumat, 6 Desember 2024
Kartu ucapan atau greeting card tidak hanya digunakan untuk kepentingan pribadi saja, tetapi juga sangat efektif digunakan dalam bisnis.
Bahkan bagi perusahaan yang ingin membangun citra, kartu ucapan menjadi keharusan. Memberi greeting card ke pelanggan dan klien di hari-hari tertentu, seperti hari raya akan memberikan kesan yang baik.
Perusahaan akan mendapat kesan yang ramah, serius dalam menjalankan bisnis dan membangun relasi.
Dengan begitu, baik pelanggan maupun klien jadi tak ragu untuk kembali bekerja sama. Tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat kartu ucapan.
Tips Membuat Kartu Ucapan
Cara membuat kartu ucapan tidak boleh asal. Harus dipertimbangkan bagaimana kata-katanya, warnanya hingga desain kartu ucapan.
Di bawah ini ada 5 poin yang penting diperhatikan sebelum membuat kartu ucapan perusahaan yang ditujukan untuk klien maupun pelanggan:
1. Pilih Desain yang Sesuai
Kartu ucapan saat ini bentuknya sangat beragam. Tapi untuk penggunaan perusahaan, sebaiknya pilih yang desainnya simpel.
Pilih detail yang elegan tapi tidak terlalu berlebihan. Bagaimana pun kartu ucapan ini digunakan untuk keperluan profesional, jadi kartu yang modelnya terlalu ramai sebaiknya dihindari.
2. Letakkan Logo Perusahaan di Kartu Ucapan
Meletakkan logo perusahaan di kartu ucapan itu sah-sah saja. Tapi perhatikan peletakan dan ukurannya.
Ukuran kartu ucapan biasanya 5x7cm, 5,5×8,5 cm atau 4,25×5, jadi hindari meletakkan logo yang terlalu besar, karena akan terlihat mengganggu.
Sebaiknya gunakan logo yang kecil dan letakkan di bagian depan kartu, tepatnya di bagian bawah. Bisa juga letakkan di dalam kartu bagian bawah. Jadi tidak terlalu mencolok, tapi tetap terlihat begitu kartu dibuka.
3. Gunakan Bahasa yang Ramah dan Singkat
Pemilihan bahasa sangat penting dalam kartu ucapan. Gunakan bahasa yang ramah dari salam pembuka agar begitu membaca kartu langsung terkesan menyenangkan. Selain itu, gunakan bahasa yang sesuai dengan penerimanya.
Misalnya pelanggan kebanyakan anak muda, bisa gunakan bahasa yang lebih diterima oleh kaum muda.
Sedangkan untuk klien, sebaiknya gunakan bahasa yang tetap formal tapi tetap terkesan ramah dan menyenangkan.
Selain itu, hindari menggunakan kalimat yang panjang dan berbelit-belit. Kartu ucapan yang to the point lebih menyenangkan dibaca dibandingkan yang terlalu panjang.
Hal terpenting maksud yang tertanam di dalam greeting card tersampaikan dengan baik, maka sudah cukup. Pastikan ada salam pembuka, isi dan penutup supaya lengkap.
4. Hindari Promosi di Kartu Ucapan
Sebenarnya memberi kartu ucapan ke klien maupun pelanggan merupakan salah satu bentuk promosi.
Tapi kita tidak perlu memberikan kata-kata promosi yang jelas. Sebaiknya kartu ucapan hanya berisi ucapan saja.
Dengan begitu, klien maupun pelanggan yang menerimanya akan merasa bahwa perusahaan kita tulus mengucapkan. Tidak perlu ada kata-kata promosi sama sekali di kartu ucapan. Dengan begitu akan terlihat lebih manis.
5. Pilih Warna yang Nyaman Dipandang Mata
Pilih warna yang sesuai dengan hari perayaan dan enak dipandang mata. Kalau ingin warna yang netral, bisa pilih warna putih.
Untuk warna tulisan, gunakan warna hitam atau biru saja, hindari menulis dengan tinta merah karena ini bisa terkesan negatif dan kurang sesuai dengan kartu ucapan secara keseluruhan.
Kartu yang warna merah boleh saja, selama sesuai dengan tema. Misalnya kartu ucapan Hari Natal. Atau jika warna perusahaan kita merah, ini juga dianggap wajar.
Cetak Kartu Ucapan
Selain memperhatikan berbagai tips cetak kartu ucapan di atas, Sobat Bintang juga perlu memperhatikan jenis kertas dan tempat cetak kartu ucapan.
Untuk jenis kertasnya, pastikan Sobat Bintang memilih kertas yang teksturnya agak tebal, misalnya art carton, blues white dan lain-lain.
Sementara untuk percetakan, pilihlah vendor percetakan yang didukung dengan mesin cetak terbaik, pelayanan menyenangkan dan dengan harga kompetitif. Salah satu pecetakan yang sesuai adalah Bintang Sempurna.
Bintang Sempurna adalah percetakan digital printing benhil yang sudah beroperasi sejak tahun 1989. Sobat Bintang bisa cetak dengan teknologi digital printing maupun offset printing yang didikung dengan mesin cetak terbaik.
Segera kunjungi Print Store Bintang Sempurna yang berlokasi di Jl. Bendungan Hilir No. 46, Jakarta Pusat.
Jika tidak memiliki banyak waktu, Sobat Bintang juga bisa menikmati proses cetak tanpa antre melalui website onlineprint.co.id, atau gunakan layanan customer service di nomor 081288750000 untuk informasi lebih detail juga pemesanan.
Tag :
Lebih seru lainnya
Jl. Bendungan Hilir No.46, RT.8/RW.1, Bendungan Hilir Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10210
© 2024 | PT Bintang Sempurna. All Rights Reserved.